Rabu, 26 November 2008

BAB 5 Membuat homepage sederhana

A. Menentukan Perangkat Lunak untuk Membuat Homepage

Membuat homepage atau website tidak sulit. Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat homepage, yaitu:
  1. tujuan di buatnya homepage
  2. orang yang menjadi pembaca homepage yang telah dibuat
  3. kelompokkan informasi yang akan ditampilkan dalam homepage
  4. hasil data yang sudah dikelompokkan tersebut akan menjadi judul dalam satu halaman homepage sedangkan yang lain akan ditampilkan sebagai hyperlink

Terdapat tiga alat bantuyang dapat digunakan untuk membantu pengembangan homepage, yaitu editor HTML, graphics dan multimedia animasi dan suara.

1.Editor HTML

Digunakan untuk membuat homepage menjadi lebih menarik dan bagian-bagiannya. HTML juga digunakan untuk menggabungkan gambar, suara, dan animasi yang telah dibuat. Salah satu editor HTML, yaitu Microsoft Front Page XP.

2. EditorGraphics

Digunakan untuk mengedit gambar yang akan ditampilkan pada homepage. Editor ini juga bisa digunakan untuk memotong gambar, memperbesar atau memperkecil gambar, menggabungkan beberapa gambar, memberi efek pada gambardan siap untuk ditampilkan pada homepage. Editor graphics yang sering digunakan yaitu CorelDRAW dan Adobe Photoshop.

3. Editor Multimedia Animasi dan suara

Digunakan untuk membuat animasi gambar dan suara. Editor animasi yang sering digunakan yaitu Macromedia Flash. Macromedia Flash juga digunakan untuk membuat suatu homepage multimedia dengan mudah dan hasilnya baik.

B. Membuat Layout Homepage yang Diinginkan

Layout atau Frame adalah bentuk format navigasi dari homepage yang akan ditampilkan. Penggunaan layout tergantung padainformasi yang akan ditampilkan dalam homepage.

C. Menerapkan Hyperlink
Hyperlink digunakan sebagai alat navigasi halaman pada homepage. Cukup dengan hyperlink, dapat menuju ke informasi yang akan diakses pada halaman lain.

D. Menerapkan Cascading Style Sheet
Fungsi utama dari CSS adalah untuk pengaturan format yaitu bentuk, ukuran, format dan warna huruf , warna background, warna hyperlink, dan format text box.

E. Membuat Aplikasi dalam Sistem yang Terintegrasi
Untuk membuat sebuah situs atau homepage, diperlukan sebuah skenariosederhana yang berfungsi untuk menentukan apa yang dapat dilakukan oleh suatu halaman atau website. Jika sudah dibuat maka pembuatan website tidak akan mengambang.

Tidak ada komentar: