Minggu, 14 Desember 2008

BAB 7 Mengidentifikasi Perangkat Lunak Lembar Kerja(Worksheet)serta fungsinya

A. Manfaat Program Lembar Kerja

Microsoft Excel dapat digunakan untuk membantu dalam melakukan pengolahan angka-angka untuk membantu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan pada berbagai bidang, seperti administrasi, akuntansi, perbankan, statistik, bisnis, dan bidang lainnya. Microsoft Excel juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menghitung dengan menggunakan rumus dan membuat grafik. Selain itu, Microsoft Excel juga dilengkapi fasilitas hyperlink yang dapat digunakan untuk membuka dan mengaktifkan data atau informasi yang terdapat pada lembar kerja maupun file yang berbeda, bahkan yang terdapat pada web tertentu.

B. Mengaktifkan Program

Untuk mengaktifkan program aplikasi Microsoft Excel, terdapat beberapa cara yang dapat digunakan, misalnya melalui menu start pada taksbar, ikon pada desktop, ikon file dengan format .xls, atau mengetik EXCEL pada kotak dialog Run.

C. Menggunakan Menu pada Microsoft Excel

Dalam Microsoft Excel terdapat beberapa menu yang terdiri dari menu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Windows, dan Help.

1. Menu File

Merupakan menu yang berisi perintah-perintah untuk mengolah buku kerja (workbook) Microsoft Excel. Perintah-perintah tersebut diantaranya :

a. untuk membuat dokumen atau lembar kerja baru dengan perintah New,

b. untuk membuka dokumen dengan perintah Open,

c. untuk menutup dokumen atau lembar kerja dengan perintah Close,

d. untuk melakukan penyimpanan dokumen dengan perintah Save atau Save As,

e. untuk pengaturan halaman dengan perintah Page Setup,

f. untuk mengatur dan mencetak dokumen dengan peintah Print,

g. untuk menutup Microsoft Excel dengan perintah Exit.

2. Menu Edit

Merupakan menu yang digunakan untuk melakukan beberapa dokumen atau lembar kerja yang sedang aktif. Perintah tersebut diantaranya:

a. pembatalan perintah terakhir dengan perintah Undo atau dengan menekan tombol Ctrl + Z pada keyboard,

b. untuk melakukan pemotongan data dengan menggunakan perintah Cut,

c. untuk melakukan penyalinan data dengan menggunakan perintah Paste,

d. untuk menghapus kesalahan pada data dengan menggunakan perintah Delete,

e. untuk melakukan penyalinan sheet pada lembar kerja digunakan perintah Move or Copy Sheet,

f. untuk menghapus sheet pada lembar kerja menggunakan perintah Delete Sheet.

3. Menu View

Merupakan menu yang berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan lingkungan dan lembar kerja pada Microsoft Excel. Perintah tersebut diantaranya:

a. pengaturan tampilan lembar kerja, task pane, toolbar, formula bar,dan status bar,

b. pembuatan header dan footer,

c. pengaturan ukuran tampilan lembar kerja.

4. Menu Insert

Merupakan suatu menu yang berisi perintah-perintah yang diperlukan untuk melakukan penyisipan pada lembar kerja Microsoft Excel, baik berasal dari dalam maupun dari luar lingkungan Microsoft Excel.

5. Menu Format

Merupakan suatu menu yag berisi kumpulan perintah yang digunakan untuk mengatur format dasar dari lembar kerja. Perintah tersebut meliputi perintah untuk mengatur ukuran dan jenis huruf, format angka, warna, garis pembatas sel, baris, kolom, dan pengaturan lainnya.

6. Menu Tools

Berisi perintah-perintah yang digunakan untuk melakukan pengecekan ejaan, pengaturan workbook agar dapat digunakan oleh pengguna komputer lain dalam satu jaringan secara bersama-sama, dan pengaturan setting program Microsoft Excel.

7. Menu Data

Terdiri atas perintah-perintah yang digunakan untuk pengolahan data yang terdapat pada lembar kerja.

8. Menu Window

Digunakan untuk mengatur jendela kerja dari Microsoft Excel yang sedang aktif.

9. Menu Help

Merupakan menu yang digunakan sebagai menu bantuan untuk mencari informasi yang diperlukan pada saat bekerja dengan Microsoft Excel.

D. Ikon pada Microsoft Excel

Ikon-ikon pada Microsoft Excel dikelompokan dalam toolbar, yaitu toolbar Standard dan toolbar Formatting yang terletak di bawah menu bar.

Toolbar Standard terdiri atas ikon-ikon yang digunakan untuk membuka dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan dokumen, mencetak dokumen, dan perintah lainnya.

Toolbar Formatting terdiri atas ikon-ikon yang berfungsi untuk mengatur format dasar dari dokumen atau lembar kerja.

Tidak ada komentar: